Minggu, 16 Juni 2013

Cara Mudah Membuat Like Box / Memasang Kotak Penggemar / Fans Page di Website / Blog

Anda ingin memiliki Like Box atau halaman penggemar di website atau Blog Anda seperti contoh di bawah ini?
Bagi yang sudah tahu, cara membuatnya sungguh sangat mudah dan cepat. Namun, bagi yang pemula seperti saya, bingung sekali bagaimana cara membuatnya, karena memang saya bukan seorang web master atau web designer yang pandai membuat website dengan seperangkat alat sholat, eh, maksudnya seperangkat aksesoris nya :) Namun saya tidak menyerah begitu saja. Sahabat setia dan “guru online” sejati saya, Mbah Google selalu siap membantu asalkan kita mau bertanya padanya. Kata Mbah, “Malu Bertanya Sesat di Jalan !” ( hehe… :) )
Sudah dech, basa basinya. Nanti Anda yang membacanya keburu malas dan kabur.
Langsung saja ya… :)

Cara Mudah Membuat Like Box / Memasang Kotak Penggemar / Fans Page di Website / Blog
  1. Buat terlebih dahulu Halaman Penggemar. Jika belum punya, silahkan buat langsung via link berikut: https://www.facebook.com/pages/create/ , pilih kategori yang sesuai dengan Tema Halaman / Fans Page Anda. Jika belum mengerti, tanya ke Mbah Google saja dulu ya, saya belum membuat tutorialnya. :)
  2. Setelah halaman Fans Page Anda ada, cari link ke halaman Penggemar / Fans Page Anda tersebut. Contoh link ke Fans Page saya yang Amrin, bisa Anda kunjungi di link ini: https://www.facebook.com/apakabar65
  3. Jika sudah ditemukan link Fans Page nya, Anda langsung berkunjung ke website developer buatan Facebok juga yang menyediakan media Cara Cepat Membuat Kotak / Like Box ini. Langsung saja kunjungi link berikut: https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like-box/
  4. Setelah muncul halaman Plugin Like Box tersebut, Anda setting di sini halaman penggemar / fans page Anda yang akan dipasang di blog atau website Anda. Jika sudah selesai, tinggal klik Get Code, maka kode HTML untuk halaman penggemar Anda sudah jadi.
Bagaimana, mudah bukan? Nah, bagi yang masih bingung cara setting di Plugin Like Box nya ( Poin Nomor 3 dan 4 ), saya jelaskan sedikit di sini cara pengisiannya:
  1. Setelah masuk halaman Plugin Like Box nya ( https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like-box/ ), pada kolom:  (?): Isi dengan link/url halaman Anda. Contoh punya saya: https://www.facebook.com/apakabar65
  2. Pada kolom:  (?): Isi dengan lebar kotak Fans Page Anda. Standarnya adalah: 292. Anda bisa edit sesuai kebutuhan space/luas di area website/blog Anda.
  3. Pada Kolom:  (?): Isi dengan tinggi halaman kotak fans page Anda. Sama dengan penjelasan di Width, sesuaikan  saja dengan kebutuhan space/luas di area website/blog Anda. Misal diisi 300 atau 400.
  4. Pada Kolom: Show Faces (?): jika diberi centang / ceklis pada pilihan 
  5. Pada Kolom:  (?):  pilih sesuai selera Anda. Jika dipilihnya Light, maka yang muncul adalah backgroun fans page Anda cerah / putih. Sedang jika yang dipilihnya: Dark, maka halaman background Anda akan menjadi hitam.
  6. Pada kolom: Stream (?), jika Anda beri ceklis pada Show Stream, maka semua Update Anda di halaman ini, termasuk Update apapun, bisa muncul dan dibaca orang, bahkan awam pun. Sedang jika dikosongkan, maka tidak akan ada tampilan Update status Anda pada halaman ini akan muncul juga. Saya sendiri tidak dimunculkan / tidak di ceklis pada kolom ini.
  7. Pada kolom: Show Border (?): ini untuk memberikan garis pada Kotak Fans Page Anda. Jika tidak dicentrang/di ceklis, maka tidak akan diberikan border atau bingkai garis.
  8. Pada kolom: Header (?): ini untuk memberi nama Plugin atau Like Box ini.
Selesai sudah. Di bagian kanan akan muncul preview/tampilan yang akan muncul. Jika sudah dilengkapi, langsung saja klik: Get Code.  Muncullah Kode HTML yang akan dipasang di blog atau website Anda. Ada beberapa pilihan. Biasanya yang cocok untuk blog atau website adalah Kode HTML jenis IFRAME, deretan ketiga dari kiri atau kedua dari kanan. Urutan kode seperti ini: 
HTML5 | XFBML | IFRAME | URL

0 komentar:

Posting Komentar